TDS Meter

Air adalah molekul yang paling banyak ada di alam. Bahkan tubuh manusia sendiri tersusun dari 80% cairan. Tapi tahukah kita bahwa kualitas air itu berbeda-beda? Pada makalah ini akan dibahas tentang suatu alat yang dapat digunakan untuk mengukur kualitas suatu larutan. Pengukuran ini menggunakan metoda Electrical Conductivity, dimana dua buah probe dihubungkan ke larutan yang akan diukur, kemudian dengan rangkaian pemprosesan sinyal diharapkan bisa mengeluarkan output yang menunjukkan besar konduktifitas larutan tersebut, yang jika dikalikan dengan factor konversi maka akan kita dapatkan nilai kualitas air tersebut dalam TDS atau PPM.

_______________________________________________________________________________

DEFINISI TDS/PPM
TDS (Total Dissolve Solid) yaitu ukuran zat terlarut (baik itu zat organic maupun anorganic, mis : garam, dll) yang terdapat pada sebuah larutan. TDS meter menggambarkan jumlah zat terlarut dalam Part Per Million (PPM) atau sama dengan milligram per Liter (mg/L). Umumnya berdasarkan definisi diatas seharusnya zat yang terlarut dalam air (larutan) harus dapat melewati saringan yang berdiameter 2 micrometer (2×10-6 meter). Aplikasi yang umum digunakan adalah untuk mengukur kualitas cairan biasanya untuk pengairan, pemeliharaan aquarium, kolam renang, proses kimia, pembuatan air mineral, dll. Setidaknya, kita dapat mengetahui air minum mana yang baik dikonsumsi tubuh, ataupun air murni untuk keperluan kimia (misalnya pembuatan kosmetika, obat-obatan, makanan, dll)
Sampai saat ini ada dua metoda yang dapat digunakan untuk mengukur kualitas suatu larutan. Ada pun dua metoda pengukuran TDS (Total Dissolve Solid) tersebut adalah :

  1. Gravimetry
  2. Electrical Conductivity

Diantara kedua metoda pengukuran TDS tersebut, yang akan dibahas pada makalah ini adalah metode ke-dua, yaitu menggunakan prinsip Electrical Conductivity. Namun sebagai informasi, bahwa sebenarnya cara yang paling baik dan paling akurat untuk mengukur TDS adalah menggunakan metoda Gravimetry sebab keakuratannya bisa sampai 0.0001 gram. ( Untuk keterangan lebih jelas tentang metoda Gravimetry ini bisa dilihat di http://en.wikipedia.org/wiki/Gravimetry )

_______________________________________________________________________________

ELECTRICAL CONDUCTIVITY
EC (Electrical Conductivity) atau konduktansi adalah ukuran kemampuan suatu bahan untuk menghantarkan arus listrik. Konduktansi (G) merupakan kebalikan (invers) dari resistansi (R). Sehingga persamaan matematisnya adalah :

G = 1 / R

Note : Pada literatur lainnya, simbol untuk konduktansi adalah σ, γ atau κ.

Sehingga dengan menggunakan Hukum Ohm, maka didapatkan definisi lainnya :

V = I x R

I = G x E

Secara definisi diatas : jika dua plat yang diletakkan dalam suatu larutan diberi beda potensial listrik (normalnya berbentuk sinusioda), maka pada plat tersebut akan mengalir arus listrik.
Konduktansi suatu larutan akan sebanding dengan konsentrasi ion-ion dalam larutan tersebut. Namun pada beberapa situasi hal ini tidak berlaku, seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini :

cond-intro-figure-3_347-150.gif
Gambar 1 : Hubungan Konduktansi dan Konsetrasi Ion

(captured from http://www.coleparmer.com)

Terlihat pada grafik diatas bahwa pada Sodium Chlorida, konduktansi sebanding dengan konsentrasi ion-ion (semakin besar konsentrasi ion-ion pada Sodium Chlorida semakin besar pula nilai konduktansinya). Namun pada Sulfuric Acid, konduktansi akan linear terhadap perubahan konsentrasi ion hanya pada batas tertentu. Untuk konsentrasi ion yang lebih tinggi lagi, maka konduktansi menjadi tidak linear.
Satuan dasar untuk konduktansi adalah Siemens (S), dan formalnya menggunakan satuan Mho (kebalikan dari Ohm). Karena luas penampang plat dan jarak antar plat juga mempengaruhi konduktansi, maka secara matematis ditulis dengan :

C = G x ( L / A )

Dimana :

C : Konduktansi spesifik (S)
G : Konduktansi yang terukur (S)
L : Jarak antar plat (cm)
A : Luas penampang plat (cm2)

cond-intro-figure-1_167-140.gif
Gambar 2 : Pengaruh luas penampang terhadap konduktansi

(captured from http://www.coleparmer.com)

Sehingga satuan konduktansi menjadi Siemens/cm (S/cm). Besarnya pengaruh elektroda (L/A) akan mempengaruhi juga range pengukuran. Pada table dibawah ini terlihat bahwa range pengukuran konduktansi berubah ketika pengaruh elektroda (L/A) berubah.

Elektroda (dalam cm)

Range Konduktansi (dalam μS/cm)

0,1

0,5 s/d 400

1,0

10 s/d 2.000

10,0

1.000 s/d 200.000

Tabel 1 : Pengaruh penampang Elektroda terhadap konduktansi

Konduktansi dipengaruhi pula oleh temperatur. Dalam sebuah metal, konduktansi menurun dengan naiknya temperatur, namun dalam sebuah semikonduktor, konduktansi akan makin besar dengan makin tingginya temperatur. Untuk ini maka diperlukan kompensasi, yaitu dengan menggunakan rumus :

dimana :

σT1 = Electrical Conductivity pada suhu yang diukur
σT = Electrical Conductivity pada suhu normal (25˚C)
α = Koefisien temperatur larutan
T1 = Suhu pengukuran
T = Suhu normal (25˚C)

Dibawah ini beberapa koefisien temperatur pada beberapa bahan terlarut

Bahan (pd 25˚C)

Alpha (α)

Tabel 2 : Koefisien temperatur pengkompensasi konduktansi

_______________________________________________________________________________

HUBUNGAN TDS/PPM DAN EC
1 μS/cm = 1 x 10-6 S/cm
1 S/cm = 1 Mho/cm
1 μS/cm = 0.5 ppm
1 ppm = 2 μS/cm

2K ppm = 4K μS/cm = 4 mS/cm = ¼K Ohm = 250 Ohm
250 ppm = 0,5K μS/cm = 0,5 mS/cm = 1/0,5K Ohm = 2K Ohm
10 ppm = 20 μS/cm = 1/20M Ohm = 0,05M Ohm = 50K Ohm

Note : Belum ada standar baku untuk mengubah satuan EC menjadi PPM. Convertion Factor yang digunakan bermacam-macam. Pole-Parmer menggunakan 0,5 sebagai Convertion Factor-nya, namun Department of Suistainability and Environment (State of Victoria) menggunakan Convertion Factor sebesar 0,6. Dalam makalah ini akan digunakan Convertion Factor sebesar 0.5

74 thoughts on “TDS Meter”

  1. Selamat siang ,
    mohon pencerahannya , hanya sekedar ingin tau saja , pada kisaran TDS berapa air bisa dikatakan murni …?
    - Apakah air murni bisa berubah menjadi air tidak murni (mengandung
    mineral) ? faktor apa saja yang menyebabkan hal tersebut ?
    terima kasih atas jawaban dan pencerahan sebelumnya.
    __________________________________________________________________
    InsanSains says : ^_^ Menurut standar pemerintah Amerika Serikat (badan FDA), kadar untuk air mineral adalah 250 ppm. Sebenarnya dialam ini tidak ada yang dinamakan dengan air murni (jika definisi air murni itu adalah tanpa kandungan mineral, yang artinya 0 ppm). Air asli pegunungan paling bersih saja, tetap mengandung mineral yang merupakan hasil resapan air dari jenis tanah dan batu-batuan alam. Jadi air murni, lebih banyak digunakan untuk keperluan-keperluan seperti uji kimia, penelitian (research and development), pembuatan kosmetik, air untuk kolam renang maupun aquarium, etc. Sedangkan untuk diminum, rasanya kurang bermanfaat, walaupun ada beberapa produsen air minum mengatakan bahwa air produksi mereka benar-benar murni dan bisa mengobati penyakit. Untuk lebih jelasnya Anda bisa seaching dengan Google.

  2. Lisa Meifresia said:

    Selamat pagi,,
    saya sgt membutuhkan pencerahan..
    sy menggunakan konduktivitimeter untuk mengukur TDS, salinitas dan konduktivitas larutan NaCl.
    Yang ingin saya tanyakan: Apakah TDS hasil bacaan alat tersebut dpt lgsg dibaca sebagai TDS larutan? Atau nilai konduktivitasnya hrs dikonversi menjadi TDS? Mengingat nama alat tsb yg identik dg konduktivitas. Kl memang hrs dikonversi, kira2 berapa faktor konversinya?
    Sy sgt mengharapkan bantuannya. Sebab sy sdh browsing dan cr2 literatur, tp blm ktmu jg…
    Terima kasih.
    __________________________________________________________________
    InsanSains says : ^_^ Selamat pagi Mba..!
    Menurut apa yang saya ketahui memang conductivity meter, tds meter, ppm meter. Semuanya memang mengacu pada pengukuran yang sama. Adapun mengetahui convertion factor yang mengubah dari ukuran konduktifitas menjadi TDS/PPM saya rasa telah saya sebutkan dalam catatan kecil pada bagian bawah. Saya kutip lagi saja yach :

    Note : Belum ada standar baku untuk mengubah satuan EC menjadi PPM. Convertion Factor yang digunakan bermacam-macam. Pole-Parmer menggunakan 0,5 sebagai Convertion Factor-nya, namun Department of Suistainability and Environment (State of Victoria) menggunakan Convertion Factor sebesar 0,6. Dalam makalah ini akan digunakan Convertion Factor sebesar 0.5

    Mohon maaf bila terdapat kesalahan. Setidaknya itulah hasil googling saya selama mencari informasi tentang TDS meter tsb.
    Salam

  3. Lisa Meifresia said:

    Selamat siang..
    Sy sgt membutuhkan pencerahan…
    Sy menggunakan alat konduktivitimeter untuk menganalisa sampel berupa larutan NaCl (serbuk NaCl pa dlm akuades). hasil bacaan alat tersebut meliputi TDS, konduktivitas dan salinitas. yang ingin sy tanyakan adalah apakah TDS hsl bacaan alat tsb merupakan TDS larutan sebenarnya? ataukah nilai konduktivitas yg diperoleh hrs dikonversi untuk mendapatkan nilai TDS?mengingat nama alat tsb yg berhubungan dg konduktivitas. jika bnr spt itu, berapakah faktor konversinya?
    Sy sgt berharap akan pencerahannya.
    Terima kasih.

  4. Lisa Meifresia said:

    selamat siang.
    terima kasih atas pencerahan sebelumnya.
    Dr penjelasan yg diberikan, berarti nilai TDS dr alat konduktivitimeter tsb dpt lgsg digunakan sebagai data TDS larutan yg diukur?
    Yg membuat sy ragu adalah nilai TDS hasil pengukuran ternyata berbeda dg nilai TDS yg diperoleh dr hsl konversi konduktivitas menjadi TDS. dalam mengkonversi konduktivitas menjadi TDS, sy menggunakan faktor konversi o,75. bukankah seharusnya kedua nilai tsb sama atau tdk berbeda jauh…
    Demikian…
    sekali lg, sy mhn pencerahannya.
    terima kasih.
    __________________________________________________________________
    InsanSains says : ^_^ Wow.. agak pelik juga…! Saya sebenarnya tidak terlalu faham. Tapi kalo boleh tahu nama merek, model alat yang digunakan apa yach? atau mungkin informasi yang lainnya. Nanti saya coba tanyakan ke teman saya yang lebih capable dalam hal ini, mengapa hal ini bisa terjadi.

  5. Informasi: Saya punya alat ukur TDS digital dan saya mencoba mengukur semua air mineral yang ada di pasaran, ternyata nilai kisarannya antara 129-139. Kemudian saya lakukan dengan electrical conductivity buatan sendiri dengan katoda a iron dan anoda alimunium, ternyata endapannya cukup banyak linier dengan waktu pengujian.
    Pertanyaan: Bagaimana mendeteksi jenis logam atau mineral yang ada? apa dilihat dari warna hasil electrical conductivity bisa dideteksi jenis larutannya? trims

  6. Aslam.,
    Met Siang,
    Mw tanya nih, nilai TDS yang tertera dalam alat ukur DOmeter ko beda satuannya persen dengan TDS yang tertera pada alat khusus TDS59..,satuannya ap ya? Sama g ya hasilnya?
    makaci,.
    Waslam.,

  7. saya pernah langganan air minum tds.saat pertama kali yang saya rasakan airnya cukup segar.setelah beberapa kali pesan berubah seberti air dari kolam renang dan berbau kaporit.tolong penjelasanya. trim

  8. assalamu’alaikum

    saya mau tau lebih lanjut tentang konduktifitas dari air yang mengandung garam
    .TDS (Total Dissolve Solid) yaitu ukuran zat terlarut (baik itu zat organic maupun anorganic, mis : garam, dll) yang terdapat pada sebuah larutan. TDS meter menggambarkan jumlah zat terlarut dalam Part Per Million (PPM) atau sama dengan milligram per Liter (mg/L).mohon referensi judul buku yang bisa saya baca dari hal_hal diatas klo ada judul buku bbahasa indonesia.mohon balasanya

    wasalamua’alaikum

  9. assalamu’alaikum

    klo pengen mengukur kadar air garam dengan prinsip resistivity bisa g? jadi yang pengen sebagai acuan bukan daya hantar(konduktivitas) tapi daya hambatnya(resistivitas) ,mohon diberikan artikel atau buku2 yang bisa sebagai referensi
    mohon pencerahan

    wassalamu’alaikum

  10. pengen tau aja tds semakin rendah itu semakin baik atau tidak? lalu adakah ada air mineral yang memiliki kandungan tdsnya mencapai 0? apakah kelebihan dari tds 0 itu?

    terima kasih..

  11. mohon penjelasannya.
    bagaimana dengan penggunaan acoustic soda, alum dan polimer yang berlebihan, baik terhadap kulit (tubuh) atau lingkungan. seberapa besar perab serta acoustic soda dalam peroses penjernihan suatu larutan.

  12. apa dampak negatif bagi manusia jika mengkonsumsi air yang TDSnya melampaui baku mutu yang telah ditetapkan???

  13. Alhamdulillah…
    Salam kenal Mas insan…

    Ada alamat email dan no HP yang bisa saya hubungi ?. Saya ingin discuss dengan topik yang menarik ini…

    Kebetulan saya sedang Tugas Akhir, judul yang saya ambil : PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE ZACHMAN FRAMEWORK PADA SISTEM INFORMASI DISTRIBUSI PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) DAN IMPLEMENTASI PROTOTYPE TDS-METER SEBAGAI QUALITY CONTROL PRODUK AMDK STUDI KASUS DI PT. ADI DHARMA PERSADA (ADP) JAKARTA TIMUR.

    Mudah-mudahan ada yang bisa kita share bersama, saya mencoba mengimplementasikan TDS-Meter buatan mas insan ini ke dalam sistem informasi object oriented yang saya rancang. Tapi ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan, mudah-mudahan bisa kontak lewat email untuk lebih detailnya…

    Sedikit pencerahan mengenai TDS ini bisa dilihat pada blog: dystywater.blogspot.com….

    Satu lagi… pengganti komponen MDA2500 pada AC-to-DC Converter itu apa? Bila ada… beritahu saya dimana bisa mendapatkannya krn saya sudah mencari pada beberapa tempat di Jakarta-Bandung tapi tidak menemukannya, termasuk bertanya sama Oom Google dan Oom Yahoo. Akhirnya saya mengganti dengan komponen Zener 1N4148…

    Salam
    Abu Syahid (karkoonzaid@gmail.com)

  14. Yth : Insan Sains Project.

    Saya masih agak bingung mengenai penggunaan alat TDS, produk HM digital, karena memang sangat awam soal ilmu kimia.

    Suatu waktu, teman saya datang membawa alat tsb dan nge”test” air minum yang biasa kami konsumsi.
    Dibawah ini adalah angka2 yang tertera pada alat TDS tsb :
    AQUA = 096-
    Air tanah yg sudah dimasak = 174-.

    Nah, pertanyaan saya, apa arti atau bagaimana menterjemahkan angka2 tersebut.

    Mohon dengan hormat penjelasan dari Insan Sains Projects.

    Terimakasih dan salam sukses.

    Emry, Bintaro

  15. Hi Insan Sains Project
    mohon penjelasan.saya ada alat pengukur namanya TDS-3 water quality tester (TDS meter atau HM digital.kalau saya mengukur aqu sekitar 84-87 (airnya alkaline setelah disaring melalui alat )tetapi kalau mengukur air pam dirumah sekitar 55-57 (airnya juga alkaline setelah melalui penyaring air uv
    apakah artinya qualitas air pam lebih baik dari aqua?
    sedangkan waktu saya mengukur air yg telah disaring melalui sistim RO sekitar 14-17 (tapi airnya accidit,asam)
    berapakah sebenarnya angka yg dikatakan air itu layak minum dan sehat bagi tubuh manusia?
    saya pernah mendengar bahwa angka yg diakui FDA adalah dibawah 20 ?
    mohon petunjuk
    thank you
    happy new year

  16. Yth : Insan Sains Project.

    Mohon penjelasan standard air sehat yg dapat diminum berapa ppm sich ???

    data : – air sumur dirumah +/- 20 ppm
    – air mineral kemasan bermerk yg kami pakai +/- 85 ppm

    trus yg sehat dan menurut standard di Indonesia berapa ppm??

    terima kasih dan sukses selalu

    edyks, ciputat

  17. Yth. Mas Insan,

    Sy mau tambahkan artikel di atas. Semoga tulisan saya ini dapat membantu.

    Total Solid di air itu di bagi 2 : Total Suspended Solid (TSS) dan Total Dissolved Solid (TDS). Padatan yang lolos pada saringan berdiameter 2 um itulah yang dinamakan TDS.

    Kita tidak dapat mengetahui kandungan unsur apa saja dalam air yang dites TDS nya. Untuk mengetahui secara spesifik unsur tersebut dan berapa kadarnya dapat menggunakan photometer atau spektrophotometer. Tetapi jika kita haya ingin mengetahui ada / tidaknya suatu mineral dapat dilakukan dengan menggunakan alat elektrolisis.

    Di pasaran terdapat alat pengukur EC dan atau TDS. Secara prinsip kerja kedua alat itu sama saja namun untuk TDS meter memiliki faktor konversi di dalamnya. Oleh sebab itu untuk mengukur TDS kita harus terlebih dahulu mengetahui berapa faktor konversi yang digunakan oleh alat itu, apakah 0,5 atau 0,65. Di Indonesia biasanya 0,5 artinya 2 uS = 1 ppm.

    Standar baku air minum sudah ditetapkan oleh Depkes (Permenkes No 907/MENKES/SK/VII/2002 Tanggal 29 Juli 2002)

    Prinsip kerja resistivity meter pun berdasar pada konduktifitas dan bukan dari resistivitas.

    Setau saya DO tidak sama dengan TDS. DO adalah kadar ppm oksigen yang terlarut pada air.

    Demikian. Semoga bermanfaat.

  18. saya mau belajar tds air. mohon pencerahan, Thx

  19. saya mhn kepada insan sains bantuannya untuk analisa data dibawah ini
    saya memiliki data hasil pengukuran konduktansi dari bermacam-macam larutan dapat dilihat pada tabel dibawah ini
    larutan(0,1M) arus
    etanol 0
    Nacl 12,5
    HCL 75
    Asama asetat 5
    tolong berikan analisa menurut insan sains tentang sifat dari suatu larutan berdsrkan hasil pengukuran

  20. jadi klo tds smkn kecil makin baik / makin buruk ya?

  21. Yth,Mas Insan

    Maaf saya mau tanya tds yg mas rancang itu bisa mendetek kadar logam terlarut dalam air ato tdk??
    klo bisa bgmn carany???
    trs logam yg dideteksi smua kadar logam dlm air ato diambil satu, misalny utk mendeteksi kadar Pb dlm air

    thanks

  22. kan yang dicontohkan itu garam

    mohon penjelasannya

  23. Yth. Mas Insan
    Terima kasih banyak atas informasi & pengetahuan yang diberikan.

  24. Yth. Insan Sains Project.

    Maaf saya mau tanya ada rumus konversi dari satuan resitivity (mega ohm) ke satuan condoktivity meter (microsiemens)?karena alat ukur saya conductivity meter kurang spesifik untuk pengecekan alat EDI (pure water)!!!
    Mohon bantuannya, terima kasih!

  25. salam mas, saya kerja di pabrik garam, adakah alat uji yang paling mudah dan murah untuk mengukur kadar NaCl yang dikandung oleh garam tersebut karena garam kami banyak jenis dan dari berbagai wilayah, thanks

  26. saya penjual iir berTDS dibawah 10 layakkah di konsumsi oleh konsumen saya

  27. dedy dwi subroto said:

    saya penjual iir berTDS dibawah 10 layakkah di konsumsi oleh konsumen saya…………????????

  28. salam mas insan

    setelah sinyal dari sensor probe itu diproses masuk ke ADC pada mikro 8535 gitu kan mas ??
    bisa mnta tolong list programnya menggunakan pogram BASCOM AVR bisa apa tidak ??kalo bisa ,saya minta bantuan mas insan tuk nyempatin menluangkan waktunya tuk nulis list programnya ..terima kasih bantuannya

    regard
    hasan

  29. Muhammad Juhyani said:

    Ass. Yth Mas Insan.
    Saya mau tanya. saya punya alat Tes Meter Waterproof. (digital)saya coba tes ke air di pasaran hasilnya berparetif. dari 005 – 200 ppm. nah berkaitan dengan hal itu. berapa ppm air yang baik untuk di kunsumsi? terima kasih.

  30. salam insan

    saya sedang kebingungan mencari alat yang sederhana/simpel untuk mengukur kadar NaCl, karena saya bekerja di pabrik garam, ada beberapa costumer saya yang menginginkan garam yang saya produksi harus memiliki kadar NaCl di atas 95,5 point. yang ingin saya tanyakan apakah TDS bisa digunakan ? atau mungkin ada alat yang lain ?
    NB : garam produk lokal dalam bentuk granular di oven
    kalah dengan garam produk Australi

  31. Selamat pagi,
    Mohon penjelasannya…
    Standar TDS untuk AIR TANAH berapa ya??
    soalnya ada beberapa Referensi yang berbeda yang saya dapat.

  32. Joko Setiono said:

    Selamat malam,

    Saya ingin menanyakan proses cara penurunan conductivity dari air yang bersumber dari sumur dalam (artesis)

  33. saya nau tanya ,,, condutvity pada air normal berapa ya?

  34. mohon informasi untuk kalibrasi alat TDS meter dilakukan oleh badan / instansi apa yang mengeluarkan sertifikat?

  35. Mohon dijelaskankan, alat pengukur air TDS itu untuk menunjukkan kondisi air yang bagaimana ???? yang baik itu air yang TDS nya rendah atau tinggi ?? dan standart yang baik untuk air minum yang sehat itu kalau TDS nya berapa ?/ thanks berat.

  36. bgaimna mnentukan perbandingan conduktansi dgn kapasitas battery

  37. Badirun Pasaribu said:

    Yth InsanSains…
    Mohon pencerahannya kepada saya sebagai agen penjual air yang ber TDS NOL..
    Banyak literatur (searching google) yang saya dapat.. ada banyak yang menyebutkan air TDS NOL adalah air minum kesehatan tp ada juga yang menyebutkan itu adalah penipuan… (Stephen Lower –mantan staf dari Simon Fraser University, Vancouver, Canada– juga memiliki daftar penipuan yang berhubungan dengan air minum)

    Sebelum orang yang menggunakan air TDS NOL ini semakin banyak saya mohon pencerahannya… saya tidak mau hanya mengejar penjualan besar dan kontinyu kalau produk yang saya jual ternyata tidak sama seperti yang diiklankan melalui internet. sebagai informasi merk dagang air minum kesehatan yang jual adalah “TDS NOL”..

    Mohon balasannya

    Hormat saya

    Badirun Pasaribu

  38. mau tanya, dimana ya suplier/penjual tds, makasih

  39. Toto Tohari said:

    Tanya???
    Apa yang dimaksud dengan Parameter Kimia Fisika Air:
    Dew Point (0C)
    RH (% H2O)
    pH
    DO (mg/L)
    Turbiditas (NTU)
    TDS (mg/L)
    Conductivity DHL (µS)
    Salinitas (‰)
    WCL

    Mohon penjelasannya dalam bahasa indonesia serta kepanjangannya apabila ada Thanks

  40. Mohon Info

    Nilai larutan standar konduktivitas yang saya punya sebesar 1413 μS/cm, sedangkan saya mencari larutan standar konduktivitas yang mempunyai nilai dibawah 1413 μS/cm, adakah yang dapat membantu saya, nilai larutan standar konduktivitas berapa saja yang dibawah 1413 μS/cm dan dimanakah saya dapat membelinya ?

    trims

    fakhri nur

  41. sebenernya untuk apa harus diketahui kandungan TSS dan TDS ???

  42. assalamualaikum..
    saya lagi nyusun makalah tentang air minum dalam kemasan yang dites dengan tds meter dan alat elektrolisis ternyata mengandung tds berlebih..
    boleh minta alamat emailnya mas?
    mau diskusi dong.. soalnya saya belum terlalu ngerti.
    makasih banget :)

  43. saya masih binggung tentang pengertian TSS bisa ga kasih tau pengertian TSS dan bagaimana cara mengukurnya

  44. HIDAJAT ATAN said:

    BERBAHAYAKAH JIKA KITA KONSUMSI AIR YANG TDS NYA NOL, DAN BENARKAH JIKA TDS SUDAH MENUNJUKAN PPM NYA NOL MAKA PENGIKATAN OKSIGEN AKAN LEBIH BESAR. TERIMA KASIH

  45. gmn cara air bsa menjadi tds nol?
    maksih

  46. sekedar info : menurunkan tds menjadi nol dgn cara : alat Mixbed berisi media resin cation anion yang dicampur kedalam satu tabung. atau dengan alat Continuous Electrodeionization (CEDI) yang biasa digunakan di industi pharmasi.

  47. saya pakai alat conduktivity meter dan bisa jg untuk mengukur TDS, yg mau saya tanyakan bagaimana cr mendapatkan ukuran TDS factor dari aquades krn menurut supplier saya untuk mendapatkan nilai TDS = coductivity x TDS factor dan apakah nilai TDS factor dari solution yg berbeda semuanya akan sama ?

  48. Saya mohon informasi bagaimana mengkonversi satuan salinitas permil (0/00) menjadi part per thousand (ppt) ? Bagaimana melakukan kalibrasi internal untuk alat Conductimeter yang dapat mengukur konduktivitas, salinitas dan TDS menggunakan larutan pereaksi pa ? Atas informasinya disampaikan terima kasih

  49. saya minta hasil penelitian kandungan berbagai jenis air, dan jenis air yang baik diminum.

  50. marya agustin said:

    saya mohon informasinya,..
    bagaimana cara mencari konsentrasi larutan jika yang diketahui konduktivitasnya, n salinitasnya??? cara mengkonversikannya???
    mohon jawabannya,..

  51. Berp y’ tempertr standt air tanah? misalnx 25-28 drjt celcius, jgn kyk standr Menkes. tlg infonx y..

  52. edy syafril hayat said:

    Bagaimana konversi dari μS/cm3 ke dS/m , terima kasih

  53. Tantang tss?

  54. selamat malam . saya mau tanya dalam TDS meter itu terdapat sensor apa saja yaa ? TDS itu bisa ngukur Ph juga kan ? apakah sensor Ph berarti ada dalam TDS meter juga ? mohon bantuannya , terima kasih :)

  55. bisa kasi image baru tentang konduktivitinya ..thanks

  56. enyk usmany lobis said:

    selamat siang
    mohon bantuannya…saya memiliki alat konduktivitimeter untuk mengukur TDS tapi saya tidak tahu cara perawatan alat tersebut…dan apakah aelektroda TDS perlu direndam seperti elektroda pH-meter…
    terimakasih

  57. mohon pencerahannya…..saya ingin belajar merakit alat yang mendeteksi kadar logam dalam air seperti cara kerja pada TDS. tapi saya tidak tau jenis sensor apa yang digunakan untuk mendeteksi logam cair….sekian dan terimahkasih…..!

  58. Johanes Kurniawan said:

    Pertama. Yang saya mau tanyakan kenapa limit parameter uji tiap negara TDS yang diperbolehkan berbeda? jadi air minum yang paling baik menurut saran bapak TDS-nya berapa?
    Kedua. menurut Permenkes No 907/MENKES/SK/VII/2002 Tanggal 29 Juli 2002 maksimum TDS 1000ppm tetapi untuk standart SNI hanya 500ppm kok beda ya?
    Ketiga. Apa itu EPA dan FDA terus saya sudah dapat tabel parameter uji yang diijinkan EPA. kalau punya minta dong Tabel Parameter uji yang diperbolehkan FDA.

    Terima kasih. Best regard Johanes.

  59. risky fauzy said:

    enyk Usmany.
    untuk perawatan elektrode conductivity, cukup di rendam air panas (50-70 C), agar garam2 yg menempel dalam elektrode dapat larut. Untuk kotoran yang menempel dari organik, elektrodenya cukup di semprotkan dengan alkohol (tapi jangan direndam)

  60. Dear Pak/mbak

    Mau nanya nich,,apakah metoda pengukuran conductivity air dgn alat cond.meter (electode) pada low range dan high range berbeda ??
    tolong pencerahanya.

  61. kakak2
    mau nanya nih, saya mahasiswa geologi.
    mau nanya tentang mencari kualitas air.
    jika saya memiliki konduktivitas 3860 micro ohm/cm dengan temperatur 25 C akan menghasilkan 2000ppm nacl (menggunakan kalkulator konversi di online dan dicocokan ke tabel hasilnya sama).. yang mau saya tanyakan bagai mana rumus perhitungannya sehingga dapat salinitas 2000ppm nacl jika diketahui konduktivitas dan temperaturnya…

    dan jika saya punya data Rw dengan satuan ohm.m bagaimana merubahnya sehingga satuannya menjadi ppm as NaCl
    trimakasih…

  62. kk, saya mw tanya…
    mana yg menjadi parameter utama bwt air bersih dan air minum antara TDS dan TSS.
    soal nya di tempat magang saya hanya mengukur salah satu parameter yang di atas. (TDS)
    apa karena tidak ada alat TSS meter??

  63. untuk parameter air minum dan air bersih untuk Indonesia sudah diatur menurut Permenkes,
    1. Permenkes 416/1992 ttg Persyaratan Kualitas Air, sekarang ini ditujukan buat air bersih
    2. Permenkes 492/2010 ttp persyaratan Kualitas Air Minum
    dalam permenkes tsb di nyatakan bahwa air bersih dan air minum memiliki syarat fisik kimia dan mikrobiologi, silakan di goggling permekes tsb untuk lebih jelasx

  64. ka niie aku mau naNya,,, Mengingat bahwa Virus dapat Lolos dari saringan Filter, apakah air yang lewat dari saringan tersebut betul-betul aman untuk di minum ???? aku butuh jawaban dari Kakak…..

  65. kk saya boleh tanya ya,,,
    jika kita ingin menyuling air laut,, air pada kedalaman berapa kh yang hrus kita ambil
    thanks

  66. air dengan tds= 0ppm sama dengan air suling, klo mau cari di bengkel motor, biasanya dikenal dengan air accu yg berwarna bening buat isi accu klo airnya kurang ( bukan yang berwarna kuning=H2SO4 alias asam sulfat), untuk air minum, makin rendah tds nya rasanya makin hambar( tidak segar, coba minum air accu bening), makin tinggi juga hambar dan cenderung pahit, baik buruknya air minum bukan hanya tergantung dari tds saja, tapi meineral apa yang terkandung di dalamnya, klo tds sesuai air baku minum, tapi mineral terlarut yang terbanyak misal ferro ya bahaya… biasanya air dg kandungan ferro tinggi ini banyak di kalimantan, untuk tanaman yang hidup pada tanah dan air dengan tds 2000 ppm / EC 4 micro Siemens ke atas, bakal mati semua,…

  67. berikan jawban dari pertanyaan diatas

  68. cara untuk mengetahui tingkat salinitas pada tanah,
    apa nama alat kur nya??

  69. saya mau tanya,tentang standar alat ukur TDS untuk zat terlarut didalam air.kenapa jauh sekali perbedaan standar SNI.dan WHO.kalo SNI,500ppm untuk air masih layak dikosumsi.sedang kan WHO,hanya 50ppm seja.bahkan dikanada lebih kecil hingga 40ppm saja;kenapa bisa bitu?terima kasih.

  70. This is my first time visit at here and i am truly happy to read
    everthing at alone place.

  71. mohon pencerahan nya

    saya memiliki air dengan TDS 0
    pertanyaan saya
    apakah air ini layak minum atau tdk?

    thx

  72. kami sudah memiliki alat ini dan Untuk menjamin terjaganya hasil ukur alat ini.(TDS) secara periodik setelah digunakan bbrp kali Mohon petunjuk rujukan tempat /badan yg dapat mengkalibrasi

    Terimakasih

  73. matsaudi mamat said:

    apakah penting mengontrol ph untuk AMDK

    Pada tanggal 30/08/13, Insan Sains Projects

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.