– Tentang Saya –

insan-logo.jpg

Hallo…! Perkenalkan, nama pena saya insan sains. Seorang yang senang membaca, dan menjadi penulis amatiran, di beberapa situs dunia maya.

Ini adalah blog mengenai project tugas akhir saya sebagai mahasiswa di salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia. FTI Teknik Elekto adalah jurusan yang saya ambil. Mengapa? Coz, saya ingin melanjutkan sesuatu yang telah saya pelajari di STM dulu. Elektronika Komputer. Walaupun sebelum saya memutuskan untuk kuliah lagi, saya sudah 2 tahun bekerja sebagai programmer di salah satu perusahaan kosmetik di Indonesia ( sampai saat ini, jadi sudah 5 tahun lebih ). Rada-rada nggak nyambung sih..! Tapi menurut saya, software itu bisa dipelajari secara otodidak. Lain halnya dengan mempelajari komponen elektronik yang makin hari makin pesat perkembangannya.

Oia…! saya mengikuti kelas karyawan, masuk tiap hari sabtu dan minggu. Tapi perkuliahan ini sudah terakreditasi dan diakui oleh pemerintah lho..! Saat ini saya sudah memasuki pertengahan semester 7, but… ada sesuatu yang mengganjal. Saya belum menemukan ide untuk Tugas Akhir saya. Walah… kacau… kacau…! Harusnya proposalnya sudah mulai masuk awal memasuki semester 7 ini.

Satu hambatan saya adalah, kurangnya “jam terbang” saya dalam bergelut dengan elektronika. Bayangin aja, tiap hari kerjaan saya hanya “mijit-mijit” keyboard komputer, “melototin” monitor, membuat algoritma program. Walah.. jauh banget dengan dunia komponen-komponen elektronika. Saya merasa sudah terlambat untuk mengubah semuanya. Yang bisa saya lakukan saat ini adalah memaksimalkan seluruh apa yang ada pada diri saya saat ini, baik itu waktu, fisik, materi, dan lain sebagainya.

Dan saya meminta pertolongan kepada Allah, agar memberikan kemampuan, kekuatan, kesehatan, pikiran yang terbuka untuk menyelesaikan Tugas Akhir saya ini.

Ya Allah… tambahkanlah ilmu pengetahuan yang bermanfaat kepadaku

[Update 8 Maret 2012]

Halaman ini sudah bertahun-tahun tidak diupdate. Tuh, sampai berdebu. 🙂 Saat ini saya bukan lagi seorang mahasiswa. Meskipun saya punya keinginan kembali lagi menjadi mahasiswa. Mudah-mudahan ada kesempatan bisa  studi di Jepang.

Lima tahun bekerja sebagai Programmer. Merintis divisi IT. Setelah ada di puncak, keluar dan merintis divisi baru Internal Audit. ^_^ Benar-benar tidak nyambung. Tapi saya menyukainya. Lima tahun kemudian sebagai Internal Auditor, keliling Indonesia, bertemu banyak orang, banyak inspirasi. Setelah ada di puncak, lagi-lagi saya keluar.

Saat ini saya bekerja sebagai Researcher dibidang Mikrokontroler dan Automatisasi. Sama menyenangkannnya. Karena yang membuat menyenangkan atau tidak adalah diri kita sendiri.

Semua yang saya tulis di sini adalah semua aktifitas saya berkaitan dengan teknologi. Tanya jawab dipersilahkan, namun mohon maaf jika komentar atau pertanyaan Anda ada yang tidak saya balas. Tapi yang jelas, tentu saya baca.

Bagaimana menghubungi saya? Silahkan search di Google untuk keyword “Insan Sains”

Oia.. jika ada yang menginginkan membeli hasil project saya untuk dikembangkan lebih lanjut dipersilahkan. Atau mungkin ada yang membutuhkan  bantuan kerjasama, are welcome. Atau mungkin ada profesor atau instansi yang mau mendanai studi saya, tentu saya sangat senang… hahaha… ^_^

42 thoughts on “– Tentang Saya –”

  1. Asyik banget wajah barunya. Setelah berhitam ria, kini menjadi suejuuk.
    Saya doakan agar tugas akhir bisa segera tuntas tanpa ada halangan. OK?

  2. Salam kenal. moga doanya terkabul ya! 😀

  3. ^_^ Terima kasih atas doanya.

    Salam kenal juga buat benbego. Trima kasih sudah berkunjung..!

  4. Assalamualaikum Wr wb

    Boleh gabung nggak??ni aku temen seperjuanganmu he he.
    Semoga lewat Blog ini kita diberikan kemudahan Oleh 4JJI dalam
    menyelesaikan tugas Akhir kita.Amin

  5. Assalamualaikum wr wb

    Wah bagus2 juga tuh Artikelnya,semoga 4JJI memudahkan antum dalam merampungkan tugas akhirnya..Amin!!

    From:teman seperjuanganmu (Yahya)

    Sorry Emailnya numpang!!He.he..

  6. [I-gorithm, IGorithmSoft Software Developer]
    halo insan sains, tuk tahu spesifikasi Siemens C75 kunjungi

    http://www.geocities.com/eldorado_blackspeed

  7. Beautify Friendster said:

    hii. ingin halaman friendster kamu tampil menarik
    or percantik halaman friendster kamu dengan cool marquee
    dan animated-gif kunjungi

    http://www.geocities.com/beautifyFriendster

    [IGoSoft]

  8. wah om,,, punya blog ini juga ya… keren…
    oh ya om kasih advice gitu,,, apa kek…
    sekedar mw nanya,,, saya seh pengen belajar bahasa pemrogaram tapi sampek sekarang belum sempet belajar,,, dulu html tapi setelah ada frontpage,,, beralih deh… enaknya belajar yang mana dulu ya???? visual basic ato c+… bingung oy… okelah klo otodidak.. apa om juga otodidak? akhirnya setelah belajar sendiri saya jadinya gak jadi2 belajar,,, sebabnya gak ada target gitu… sibuk dengan yang lainnya… klo buku saat ini saya masih mengandalkan internet utk cari tutorial2nya..

    ceritain dong sejarahnya om belajar pemrograman… mungkin setelah saya tahu sejarah om bakal membuat saya iri dan pengen lebih maju dari orang lain akhirnya giat belajar deh.. hehehe.. sebagian besar kemauan belajar saya adalah karena iri,, masak orang lain bisa eh saya gak bisa….

  9. ^_^ Wah… punya motivasi yang bagus tuh SUHU. Memang saya juga belajar otodidak, guru saya ya internet. Wah.. saya paling senang berbagi sama orang yang pengen banget belajar. Kalo gitu ntar deh, saya kirimin CD-CD tutorial, ebook2 yang saya punya. Siapa tahu berminat. Plus tentunya hutang saya untuk ngirim DVD Linux, Open Suse 13. Sorry yach belum dikirim-kirim. Tapi insyaAllah segera!

  10. Blog yang satunya masih di-maintain gak, Mas? Ini kan blog project, beda kan sama yang dulu..
    ____________________________________________________________
    InsanSains says : Yang lainnya sudah jarang nih mba Ima. Makasih diingatkan, kapan-kapan diaktifin lagi deh. Thanks so much!

  11. mantap jg loe pny blog kyk gini..km dh buktiin pa blm program loe berhasil..gmn caranya km bwt nya …bagi2 donk tipsnya..keren jg..
    ____________________________________________________________
    InsanSains says : Tertarik juga dengan dunia elektro dan robotic yach? Atau memang sudah ahli dibidangnya? Moga bisa sharing ilmu yach

  12. buat dulu proposalnya semampunya, kalau salah khan tugas dosen mengkoreksinya. Sesungguhnya tidak ada kerjaan yang sia-sia kalau kita sungguh-sungguh mengerjakannya…salam kenal 🙂
    __________________________________________________________________
    InsanSains says : ^_^ thanks pa! salam kenal

  13. ooo mas permana ya??wah kalo tertarik sama linux coba buka ini http://www.harry.sufehmi.com >>omku juga spesialis linux soalnya, kali bisa diskusi2 ^^

  14. Om..salam kenal,mudah-mudahan cepat selesai tugasnya. saya mo tanya..gimana cara belajar algoritma pemrograman secara otodidak n darimana dulu saya harus memulainya.Saya bisa elektronika tetapi tidak bisa membuat program,jd pas mo belajar mikrokontroler saya bingung menuangkan ide dalam bentuk program..ok..om,saya tunggu tips-nya .terima kasih
    __________________________________________________________________
    InsanSains says : ^_^ salam kenal
    amin…
    wah, boleh juga nih nanti jadi topik posting berikutnya. Yang jelas algoritma itu seperti mengurutkan langkah-langkah kerja saja. Itu saja yang dipelajari dulu. Nanti jika benar-benar udah faham, baru masuk ke bahasa pemprogramannya. Saya berani jamin, ketika Anda memahami algoritma dengan baik, maka berpindah dari satu bahasa pemprograman ke bahasa pemprograman yang lain, tidak begitu sulit (khusus untuk bahasa pemprograman yang terstruktur). Sebab bahasa pemprograman itu hanya sekedar merepresentasikan algoritma yang diinginkan saja.

    Untuk lebih jelasnya, insyaAllah nanti saya coba posting sedikit. Terima kasih

  15. Mas minta ID YM nya dong ?!

    Thx Abil

  16. bos, request ebook tentang vademikum elektronika.
    ditunggu yah.. buat referensi..
    thank..

  17. Assalaamu’alaikum
    Pak, saya tertarik dengan e-book tentang robotika….
    tapi sepertinya file nya kebesaran ya….
    500MB…
    O iya pak, saya bisa minta alamat imel dan alamat bapak ndak?
    kalo bisa nanti saya mau minta copy CD saja pak…
    atau bapak copy, untuk biayanya berapa pak?
    Makasi pak…
    Assalaamu’alaikum

  18. Salam Kenal, Saya juga pemula dalam dunia otomatisasi industri, saya mencoba menjadi designer untuk alat2 industri berbasis komputer, mungkin kalo sering2 kita ngobrol bisa cepat berkembang, saya juga sedikit banyak punya informasi yang mungkin bisa dimanfaatkan untuk pendidikan atou kerjaan,terutama tentang motor, pneumatik, mekanika, intinya mekatronika lah. cuma saya nggak bisa mikrokontroller, jadi karyawan saya yang kerjakan ttg mikronya, saya cuma design kerja dan rangkaian prosesnya

    salam
    ardona, jogja

  19. gendutbergitar said:

    bos, request ebook judulnya vademekum elektronika dong.
    ditunggu yah boz….
    thank..

  20. k, saya lagi d sruh bkin project d skolah!
    saya sangat tertarik dgn tlisan kk!
    k, saya pingin bgt bkin robot!
    tp, saya bner2 ga ngerti ttg robot!
    saya bs mnta ajarin tag?
    bs mnta nomor hp kk tag?
    pliiiiissss bgt…
    dah frustasi nie…

  21. k, pliiisss tolongin daku…
    btw, mw tny robot yg pling murah itu robot apa ia?
    line follower bkan?

  22. Jaenal Arifin said:

    weleh2 dari forumsains sampe insansproject…,heee….
    bagus juga ….,teruslah berjuang….,wal hasil pasti ada manfaatnya….,saya sudah merasakan itu….
    aku dukung dech…..

  23. salam knal. saya fery dari kalimantan barat.sekarang kul di FMIPA untan jurusan fisika. sama seperti anda dulunya saya juga anak STM. kayaknya minat kita rada2 mirip. mkin kita bisa bagi2 ilmu&tipsnya 1 sama lain.

  24. salam kenal. blog Anda bagus sekali

  25. Assalamu’alaikum

    Alhamdulillah sy menemukan blog penuh ilmu dsini, mas insan sains, bisakah membantu saya?

    saya sedang mencari sensor pendeteksi pH (kadar keasaman) untuk mengukur pH pada susu murni, minuman alkohol dan sari buah, ini dalam rangka penyelesaian tugas akhir saya, mohon sekiranya bisa membantu saya,

    terima kasih…

  26. Assalamualaikum wr wb

    Kumaha damang kasep…? he..he..he..
    ketemu juga akhirnya, maklum ane belum lama punya connetion, jadi baru kali ini bisa gabung.
    Gimana kabar TA robotnya ? dah selesai blm ?
    jangan lupa email ane ya! kirim juga contact-nya temen-temen.
    Biar “teu pareumeun obor” nya. Sanes kitu?

  27. kumaha kabarna Kang PerWhere….
    ieu sareng underest….masih inget teu…?
    please sms me if u r the eb26 member….
    my number still the old one
    i’ve science project to discuss with.

    thanks

  28. asslmkm…
    mas bisa kenalan g…
    minta alamat email n fesbuk dunk.

    ne email aku: uranium_weee@ymail.com
    fb:ajie_weee@ymail.com

  29. emailnya gan apa??
    hasan_pray02@yahoo.com

  30. weh mas hbat
    saya mlh mo bljr lhoo sama mass
    saya lgi mo bljr mkrokontroler
    crny gmn yY

  31. mas, minta email ato hp dong. saya mw nanya” nih

  32. Ass. slam kenal. kali bikin robot line tracer dengan ATmega 16 dgn 6 sensor ADC, paling murah berapa kira2 costnya…. mks

  33. salam kenal, saya nafisah siswi dari Madrasah International TechnoNatura . saya dan teman-teman sedang melakukan projek ROV ini juga. jika ka insan bersedia membantu kami, saya meminta kontak yg bisa saya hubungi. http://technonatura.sch.id ini link sekolah saya bisa dilihat. terimakasih.

  34. gan ada ym ???
    mw chat sputar buat robot dgn arduino,,
    krng ilmu msh gan,,
    😀

  35. Halo,

    Saya Tri Wahyudi dari PT. Visi Teknologi Indonesia, saat ini saya ingin mengembangkan aplikasi web-base (JAVA) dengan mengintegrasikan komponen arduino. Untuk itu saya ingin menanyakan kemungkinan untuk anda bergabung dalam project ini.
    Ditunggu tanggapannya, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    Regards,

    Tri Wahyudi

  36. salam kenal, saya berminat untuk bertanya2, bolehkah minta id YM mas insan sains?
    🙂
    Silakan mampir ke blog saya juga,,, 😀

  37. mas saya minta email atau alamat facebooknya ya…
    saya mau tanya2 sedikit tentang artikel TDS nya…

    terima kasih…

  38. Edhi Sutanto said:

    Saya dua kali kirim komentar di “Dimana Beli Arduino?” kok tidak muncul, lari kem mana ya?
    terima kasih.

  39. Edhi Sutanto said:

    Kalau hanya teks “test” bisa, apakah overload?
    Terima kasih.

  40. Mas insan, Anda alumni dari FTI TEKNIK ELEKTRO – ISTN???
    Mohon konfirmasinya…..
    Terima kasih

  41. Hallo bro, gue mau ngajak kerjasama nih, tolong hubungi gue lewat email ya bro, siapa tau bisa lanjut heheh. Thanks bro

Tinggalkan komentar