Tag

, , , , , , ,

Biasanya saya tidak menemui kesulitan ini ketika menggunakan Ubuntu. Everything works well. Ada aplikasi Fox Pro yang perlu saya jalankan di DOS. Di lingkungan Ubuntu, saya biasa menggunakan DosEmu (DOS Emulator) untuk menjalankannya. Untuk mencetak ke printer dot matrix, tinggal colok, mau konektor parallel, ataupun USB, tidak masalah.

Kali ini terpaksa harus balik lagi ke OS Windows. Tentu aplikasi foxpro bisa langsung jalan. Tapi justu malah terkendala soal printingnya. LX800 tidak mau merespon. Ini printer jadul, dengan tahun lahir beda satu tahun dengan kelahiran saya. Port bawaannya paralel. Dan komputer sekarang, jarang bahkan tidak lagi menyediakan port DB25 ini (apalagi notebook keluaran anyar). Solusinya adalah dengan menggunakan kabel konverter paralel to USB.

Di Linux, LX800 berjalan tidak ada masalah, lain ketika hari ini saya menggunakan Windows. Ketika program saya running, dan aplikasi nge-print berjalan, DOS malah hang (ini mah biasa, penyakitnya Windows).

Ini pasti ada masalah. Maka saya coba install driver Epson LX-800. Sukses printing test pagenya.. Horeeee… tapi kesenangan hanya berlangsung sesaat. Ketika program saya running lagi, dan aplikasi nge-print dijalankan, DOS kembali macet.

Kemudian, saya coba install driver Generic. Karena biasanya di Linux, teknik semacam ini bisa jadi solusi. Eit… ternyata gagal juga.

Saatnya bertanya sama tuan Google. Dan dia bilang, “saya harus punya software yang menjembatani antara DOS dengan USB printer”. Saya pun nyari tuh software. Dapetlah dua rekomendasi :

DOS2USB, dan
PrintFil

Eh, ternyata sodara-sodara, software-software tersebut berbayar. Malesssss….

Secara! (gaya anak ABG sekarag), saya pernah belajar sedikitnya mengenai interfacing komputer. Jadi pasti ada cara yang lebih simple dan tidak perlu menggunakan software external.

So.. saya cari lagi bersama om Google. Dan dapatlah link ini. Silahkan klik disini. Based on artikel tersebut, jadi kita bisa memanfaatkan fasilitas sharing network untuk mengakali masalah printing dari DOS ke printer Dot Matrix USB.

Kalau Anda memiliki masalah yang serupa, begini caranya :
Namun pastikan PC / Notebook Anda memiliki ethernet dan sudah aktif (tidak perlu terhubung jaringan, jika tidak dipakai bersama)

1. Install driver printer dengan menggunakan Wizard dari Windows.

2. Buka Control Panel. Pilih Printers And Other Hardware >> Printers and Faxes

3. Pilih printer Anda : Epson LX-800 (atau printer yg Anda install) >> Properties >> Sharing >> Share this printer

4. Beri nama, misalnya LX800

5. Buka DOS

6. Pastikan Anda mengetahui IP Address komputer Anda.
Jika tidak tahu, cukup ketikkan
C:\>IPCONFIG
(misal PC Anda memiliki IP Address 192.168.1.5)

7. Ketikkan
C:\>net use LPT1: \\192.168.1.5

Maka DOS akan merespon dengan
The command completed successfully

8. Well Done! Sudah selesai sampai disini.

Anda dapat mencobanya dengan menyalakan printer dot matrix Anda, menghubungkannya ke PC / notebook, memastikan kertasnya sudah terpasang. Dan tulis baris ini pada DOS :
C:\>net view 192.168.1.5
Maka akan tampil

Share Name Type Used as Comment
——————————————–
LX800 Print LPT1 Epson LX-800
The command completed successfully

Kalau Anda menggunakan Fox Pro juga, pastikan bahwa Printer Setupnya berada pada LPT1 bukan pada PRN.

Hope this help..