Tag

, ,

Baru saja saya mendapatkan notebook HP TC4400. Bukan barang baru. Tapi lumayan. Keren. Sebuah tablet PC. Penampakkan Googlenya seperti berikut :

Sistem operasi yang terinstall (bawaannya) yaitu Windows XP Tablet. Oh.. harus kembali lagi ke Windows, padahal sudah bertahun-tahun melupakannya. Ok, but never mind. Semua hal, perangkat device berjalan normal, kecuali Wifi dan LAN. OMG…. Padahal dengan terkoneksi jaringan dan internet, justru barang elektronik semakin hidup… ^_^

Ini sedikit aneh. Saya cek di Device Manager. Semua device sudah terinstall drivernya. Kemudian saya coba telurusi satu per satu :

1. Tombol Wifi

Biasanya notebook itu punya tombol Wifi untuk aktifasi dan de-aktifasi jaringan. Gunanya untuk saving baterai secara manual. Maksudnya kalau diluar jaringan (atau sedang dalam perjalanan dan menggunakan notebook), dari pada wifinya nyedot daya besar, lebih baik dimatikan supaya baterainya bisa lebih lama.

Saya coba pencet-pencet. Icon wifinya berubah. Connected. Dan Not Conected. Tapi saat connected, saya coba searching jaringan. Kok gak ada jaringan wifi yang ketemu. Padahal deket banget dengan routernya.

2. Ok. Cara pertama gak berhasil. Coba lihat di ipconfig.

Masuk ke command prompt. Kemudian saya mengetikkan ipconfig. Nah loh.. yang keluar justru tulisan yang menyatakan device tidak terhubung. Loh kok? Padahal kan drivernya sudah diinstall, icon wifinya sudah dipastikan ON.

3. Wah… ternyata lampu Wifi di tabletnya gak nyala.

Biasanya kalau status Wifi ON, lampu warna biru akan nyala. Kok kali ini dipencet-pencet lagi tombol Wifinya lampunya gak mau nyala. Baru nyadar. Apakah wifinya tidak bisa digunakan?

4. Hunting di Google.

Kata om Google, untuk HP TC4400, harus dipastikan dulu setting-an wifinya ENABLE pada BIOS. Okelah om.. Si tablet pun saya restart dan masuk ke BIOS. Dan benar saja saudara-saudara. Wireless Connectionnya masih di DISABLE. Lalu saya ubah menjadi enable. Dan sudah bereskah?

5. Ternyata masih sama….😦 What’s wrong?

Nanya lagi sama om Google. Jawaban pertama om Google belum solutif om… Terus katanya lagi, coba winsocknya di reset ke settingan pabrik. Dan nemulah dua perintah DOS untuk melakukan hal tersebut. (Maaf, linknya lupa saya bookmark jadi perintahnya gak bisa saya tunjukkan).

6. Belum berhasil juga….

Aha…. ada yang mengalami nasib yang serupa juga ternyata di dunia maya. Dia menggunakan software untuk memperbaiki setting-an Wifinya. Akhirnya saya download juga software tersebut. Dan taraaaaa….. Si tablet tetap gak  bisa nyambung ke Wifi….😦 hiks… hiks…

7. Konyol. Apa lagi yang harus saya lakukan.

Saya ngubek-ngubek setting-an Wifinya. Mulai dari ngubah dari Dynamic menjadi statis. Kemudian ubah lagi tipe ekripsinya. Dan lain sebagainya. Tapi hasilnya nihil. Lampu Wifi tidak menyala sedikit pun.

8. Karena masih penasaran…..

Akhirnya saya coba cari driver terbarunya (untuk Wifi). Eh… setelah di download  ternyata driver yang terpasang, sudah yang paling update. Hmmmm…..

9. Hampir putus asa, tapi belum menyerah…

Saya baru ingat, penyakitnya Windows. Dia seneng banget di restart. Dan di install ulang.🙂 Jadi kepikiran ide… Sebelum menuju langkah akhir, saya coba remove driver untuk Wifinya. Otomatis ketika saya refresh. Si Windows hunting lagi driver Wifinya dong. Dan pastinya ketemu. Ya gak? Karena sudah pernah diinstall driver itu.

Dan ternyata…. Tring…. si biru lampu Wifi pun menyala…. Yessss….! Alhamdulillah….

Saya gak tahu keanehan ini karena apa. Tapi memang beginilah Windows. Anehhhhh…😀

So… mungkin yang punya barang serupa, dan mengalami nasih serupa pula dengan postingan ini, silahkan dicoba beberapa checklist tersebut.