Tag

, , ,

Hei…. ternyata benda ini mengasyikkan…πŸ™‚ Coba kalau tahu dari dulu…πŸ˜€

Gambar di atas adalah gambar Rainbowduino, sebuah kit mikrokontroler yang sudah built-in dengan IC shift register 8 bit MBI5168. Apa sih gunanya? Wah… banyak… terlebih kalau aplikasi yang berhubungan dengan driving LED. Coba bayangkan dengan kalau kita menggunakan Arduino dengan chip ATMega328. Ada 14 pin digital. Kalau ingin menyalakan LED RGB yang satu LEDnya saja membutuhkan 3 pin kontrol (Red, Green, Blue). Maka satu board Arduino hanya bisa mendrive RGB LED hingga 4 saja. Iiiiih…. dikit amat yah…πŸ™‚

Nah.. dengan IC shift register, masalah tersebut bisa diatasi.

Rainbowduino ini mungkin di desain khusus sebagai driver LED RGB Matrix, karena ternyata hanya tinggal pasang / tancap, seperti gambar di bawah ini.

Setelah itu, download firmware ke dalam Rainbowduino, dan buatlah LED RGB Matrix menyala sesuai dengan yang kita inginkan.

Sudah terlalu malam, nulis pun sudah mulai gak konsen…πŸ˜€ xixixi… Bayangin saja dari tadi shubuh sampe sekarang hampir jam satu malem, gak bergerak dari tempat duduk, selain buat shalat, dan mandi. Ngulik si Rainbowduino ini. Fyiuhhh… penuh perjuangan mencari tutorialnya.

Yang jelas, hari ini bisa tidur dengan rasa puas, karena gak penasaran ngulik si Rainbowduino. Bahkan dengan Rainbowduino dan RGB Matrix LED tersebut saya sudah membuat aplikasi yang saya beri nama AM2R (baca : Amateur) -> “Arduino Magic Mind Reader”. Sebuah aplikasi yang menampilkan 59 dot dengan warna yang bermacam-macam. Dan jika Anda memilih salah satu dot berwarna tersebut, Rainbowduino akan mengetahui warna yang Anda pilih tersebut…πŸ™‚ Sangat menyenangkan bermain dengan Rainbowduino.

Silahkan nantikan demo videonya di blog. Tutorial lengkapnya nanti menyusul.. Caio….!