Tag

, , ,

Sejak beberapa bulan yang lalu, saya kesulitan untuk melakukan export data dari format XLS maupun OpenOffice/LibreOffice Calc menjadi Database (DBF). Selalu saja muncul tulisan “General input/output error”. Dicoba berkali-kali sampai dahi keriput, keringet ngucur deres, gak pernah berhasil. Bahkan keyboard laptop pun sempet jadi korban kekerasan dalam mengetik. Hahaha.. *lebay* Padahal dulu tidak pernah terjadi hal seperti ini.

Setelah ditelusuri, usut punya usut ternyata pada paket Ubuntu yang terbaru tidak terdapat package “base” untuk paket office yang terpasang. Owalah…! Ini kerjaannya siapa sih, paket sepenting ini kok gak disisipin ke base software. Kalau ketemu orangnya, ta timpuk.

Lupakan saja soal siapa yang salah, sekarang langkah solusinya adalah dengan mengetikkan perintah berikut pada mode terminal :

sudo apt-get install libreoffice-base

Jika menggunakan OpenOffice, maka :

sudo apt-get install openoffice-base

Perintah tersebut akan menginstall paket libreoffice-base (jika menggunakan Ubuntu 11.04 dan yang akan datang) atau paket openoffice-base (jika menggunakan Ubuntu 10.10 dan yg sebelumnya). Pastikan komputer yang dipakai sudah terkoneksi dengan Internet.

Oke. Selamat kembali bekerja…! ^_^