Tag

, , , ,

Alhamdulillah ketemu juga solusinya. Sudah lama sejak menginstall Netbeans terbaru 6.9.1, bahkan netbeans sebelumnya 6.8, saya kebingungan dengan tampilan akhir aplikasi GUI yang saya buat. Tampilannya berbeda dengan design yang saya buat di IDE-nya. Jenis dan properties hurufnya jadi berubah, semuanya seolah nge-bold. Ukuran tombolnya pun ikut-ikutan gak karuan. Akhirnya diakalin dengan menduga-duga ukuran yang pas. Meski begitu hasilnya masih seperti ini :

Hasil googling katanya cukup dengan mengubah Layout Generation Style-nya dari Standar Java menjadi Swing Layout Extenstions Library

Namun cara diatas tidak berhasil. Akhirnya ketemu dengan beberapa blog yang mendekorasi form GUI nya dengan Swing UIManager, salah satunya postingan di blog ini. Ternyata cukup mudah caranya

1. Import Library Swing UIManager dengan menuliskan

import javax.swing.UIManager;

2. Pada program utama / main() aktifkan mode Look and Feel yang kita inginkan

Secara default si Netbeans mengaktifkan mode “Metal” untuk aplikasi GUI yang kita buat. Kita bisa melihat tampilan mode-mode tersebut dengan mengklik kanan Form pada jendela Inspector.

Ups.. sekarang kita balik lagi ke coding, cara mengaktifkan Look and Feel pada program utama, yaitu dengan cara menuliskan :

UIManager.setLookAndFeel(“com.sun.java.swing.plaf.nimbus.NimbusLookAndFeel”);

That’s all. Sekarang tampilannya jadi begini. Tadaaaaa…..