Tag

, , ,

Dua hari yang lalu mau install software Blackberry Desktop Manager. Tapi karena notebook yang saya punya terpasang Ubuntu 10.10, mana mungkinlah software itu bisa “nemplok” di Linux. Sudah nyoba pake Wine, tetep gak bisa. Satu-satunya solusi yaitu masang Virtual Machine. Setelah hunting-hunting, banyak yang merekomendasikan pake VirtualBox.

Proses instalasi pun segera dilakukan. Tinggal panggil Ubuntu Software Center. Pakai fasilitas search -> masukkan kata kunci “virtualbox”. Dan muncullah hasil pencarian (salah satunya VirtualBox OSE). Klik Install.

Singkat cerita, saya sudah install Windows XP di VirtualBox. Tapi ternyata VirtualBox gak bisa mengakses USB. Setelah minta bantuan sama om Google ternyata VirtualBox itu ada dua versi, satu yang versi OSE satu lagi yang dirilis ORACLE. Nah, yang bisa mengakses USB itu yang VirtualBox ORACLE. Jadi kalau sudah terlanjur memasang VirtualBox OSE, harus di uninstall, kemudian install VirtualBox Oracle. Jangan khawatir, virtual drive yang sudah kita pasang sebelumnya tidak akan terhapus, bahkan setting-settingannya masih akan tetap ada.

Duh… lagi males nulis nie. Jadi cuman pas-pasan gini nulisnya. Kapan-kapan disambung lagi dengan tulisan yang lebih lengkap dan jelas, termasuk gambar-gambarnya, supaya yang baca gak bingung.