Tag

, , , ,

Saat baca buku “Getting Started with Arduino”, ada satu project akhir yang paling menarik dipraktekkan. Yaitu tentang RGB LED yang dikontrol via internet, dengan membaca RSS reader. Penasaran pengen mempraktekkan, akhirnya hunting-lah LED RGB. Yang pertama, nyari juragan-juragan yang jualan online. Ketemulah di Kaskus. http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2990953 Akhirnya kontak-kontakan via email sama si juragan yang satu ini (brackested – Jawa Timur). Cukup terkejut juga liat harga yang ditawarkannya.

* RGB LED Controlled = Rp. 15.000

* RGB LED SMD = Rp. 3.000

* Minimal order 50 pcs

Wawww… jangankan beli 50 pcs, beli 1 pcs ajah pikir-pikir dulu harganya. Mahal banget.

Karena penasaran, akhirnya minta bantuan temen buat belanja ke Glodok. Siapa tahu jauh lebih murah. Dan ternyata memang dapat dengan harga Rp. 3.000. Sayangnya itu ternyata bukan RGB LED yang saya cari. RGB LED yang dibeliin teman saya ini yang hanya 2 kaki, meskipun memang ketika di beri tegangan, LED RGB ini secara otomatis berganti warna (merah, hijau, dan biru) secara teratur.

Masih belum nyerah!! Akhirnya minta bantuan om Google untuk nyari toko-toko elektronik di Glodok. Dapetlah 20 lebih toko sasaran. 14 diantaranya saya telepon termasuk toko-toko tenar dan besar, yaitu : Marconi, Luna, Morse, HS Elektronik, Mega Sari, Suara Makmur, Unico, 154, Damai, OK, Njoo, NK Elektronic, Wijaya, Universal. Dan percaya nggak percaya, gak ada yang jual satu pun tuh toko-toko.

Mau gak mau beli ama juragan yang jual di Kaskus itu. Tapi 15.000 boooo…😦 Dan mesti 50 pcs lagi minimalnya. Untuk mastiin harga, saya minta bantuan Google lagi. Dan dapatlah link ini, Sparkfun : http://www.sparkfun.com/products/105, dan harganya US$ 1.95 (kalau dikali kurs saat itu sekitar Rp. 17.947) Wooowww… ternyata emang segitu yah harganya…😀

Tapi untunglah, di situs ini menjual RGB LED dengan harga yang lebih murah, dan bisa beli dengan quantity dikit…🙂

Emang, kalau udah ngebet, selalu ada jalan….🙂 Mari ber-eksperimen…