Tag

, , , , , ,

Masih jaman gak sih nyetting HSDPA modem huawei E-220? Hihihihi… udah ke laut kali yah? Tapi gak apa-apa, buat dokumentasi doang. Siapa tahu ada yang masih nyari-nyari. Adapun operating system yang digunakan adalah Ubuntu 9.04 Jaunty Jacklope, so pasti lebih gampang nyetting-nya.

01 New Mobile Broadband Connection

Hubungkan modem HSDPA Huawei pada terminal USB komputer. Ubuntu secara otomatis akan menjalankan wizard mobile broadband connection. Pilih “Forward” untuk melanjutkan proses wizard.

02 New Mobile Broadband Connection-1

Pilih provider ISP yang akan digunakan. Dalam contoh ini digunakan IM3 sebagai internet service provider-nya. Pilih “Forward” untuk melanjutkan proses berikutnya.

03 New Mobile Broadband Connection-2

Beri nama untuk koneksi broadband yang dimaksud pada kolom Name. Click “Apply” untuk menyetujui setting-an yang Anda buat.

04 new connection im3

Jika proses berhasil, maka Ubuntu akan mengeluarkan pop-up information yang menunjukkan bahwa Koneksi Broadband yang telah Anda buat berhasil. Namun ini baru separuh jalan, karena langkah selanjutnya adalah men-setting APN, username, dan password

05 edit connection

Click kanan icon networking, kemudian pilih “Edit Connections…

06 Allow access

Pilih apakah proses setting-an ini diijinkan masuk menggunakan keyring? Keyring seperti copian dari password yang terenkripsi sehingga tidak perlu memasukkan password yang sama setiap kali program tersebut terproteksi.

07 Network Connections

Aktifkan tab Mobile Broadband. Maka kita bisa melihat bahwa koneksi IM3 yang telah kita buat sebelumnya ada pada list koneksi yang tersedia. Pilih “Edit” untuk mulai melakukan pen-setting-an

08 Editing IM3-1

Isikan input-input sebagai berikut :
Number : *99#
Username : indosat@durasi
Password : indosat@durasi
APN : http://www.indosat-m3.net

Dengan username dan password diatas, koneksi internet kita dihitung berdasarkan durasi (lama waktu connect). Jika kita mau dihitung berdasarkan per kilo bytenya, maka kita harus mengganti username dan passwordnya menjadi :

Username : im3
Password : gprs

Click “Apply” untuk menyetujui dan mengakhiri proses pen-setting-an

09 try to connect m3

Click pada icon Networking, pilih koneksi IM3

10 m3 connect
Jika setting-an benar dan sinyal dari ISP dapat ditangkap, maka icon Netwoking sekarang berubah menjadi icon pemancar, dan akan tampil pop-up information yang menunjukkan seberapa kuat sinyal koneksi. (Insan Sains)