Tag

,

Bagi pengguna Operating System Windows mungkin tidak menemukan masalah untuk mencari software-software yang bisa mendukung proyek-proyek mikrokontroler mereka. Tapi bagaimana dengan para pengguna Linux? Ugh.. sebuah tantang yang cukup berat bagi mereka. Disamping minimnya software-software yang mendukung proyek-proyek teknik, pada operating system open source ini pula para penggunanya memerlukan adaptasi yang lumayan keras. Setidaknya itulah yang saya alami.

Ok. Kali ini saya sharing saja bagaimana menginstall compiler dan downloader untuk mikrokontroler AVR yang paling saya sukai.

Note :
Saya menggunakan distro Ubuntu 7.04
dan komputer yang digunakan harus terhubung ke internet.

Compiler
sudo apt-get install gcc-avr
sudo apt-get install binutils-avr
sudo apt-get install avr-libc
sudo apt-get install gdb-avr

Downloader
sudo apt-get install uisp

Source : http://wiki.tkk.fi/display/EmbeddedSystems/AVR+development+tools+-+Installation+for+Linux

Untuk setting MakeFile-nya sudah saya post di posting-an sebelumnya.