Tag

, ,

Suatu saat saya sering melihat teman kantor sering tertawa-tawa sendiri di depan layar monitornya, menonton sebuah video (di luar jam kerja yach..!). Awalnya saya tidak begitu aware dengan tingkahnya tersebut, tapi lama kelamaan karena saking seringnya, saya jadi penasaran, video apa sih yang dia tonton? Akhirnya ketika dia sedang tertawa geli menyaksikan sebuah video, dengan rasa penasaran saya mendekatinya dan bertanya, “Apa sih yang lucu?”

Hm… ternyata dia sedang menonton video-video lucu secara online dari http://www.youtube.com. Eggh… dengan rasa ingin tahu yang membludak, setelah jam pulang saya coba membuka situs youtube tersebut. Tampilan situsnya memang sangat menarik dan sangat user friendly. Saya pun menggunakan fasilitas search video untuk memfilter video-video yang ingin saya tonton. “Funny Sport”. Itulah video-video yang coba saya filter. Wuis... ternyata banyak banget. He..he.. ternyata cukup menghibur juga. ^_^

youtube_logo.jpg

Selanjutnya, saya pun sering menggunakan youtube untuk melihat video-video tentang experiment-experiment, atau tentang penjelasan sebuah teori-teori, video-video rumus cepat matematik, atau bahkan klip-klip video Jet Lee (idola ke-8 saya nih…! ^_^). Namun yang jelas, sangat banyak kategori yang ada di youtube ini. Jadi bijaksanalah jika Anda mengunjungi situs ini, coz video-video kekerasan dan cabul pun ada disini. Inget loh, saya sudah mengingatkan yach…! So be a wise… ^_^

 

But, ada satu masalah. Bagaimana video-video tersebut bisa saya download agar saya pun bisa menontonnya lagi kapanpun, tanpa harus online ke internet? Wah… ini nih. Gimana yach? Dan teman saya itu pun belum tahu bagaimana caranya. Hm…! Untuk yang kesekian kalinya, saya pun berpetualang dengan paman Google untuk mencari cara mendownload video-video youtube ini. Ok.. singkat cerita, setelah seharian searching, saya menemukan belasan cara untuk mendownload video-video ini.

 

Di posting ini, saya hanya ingin menjelaskan satu cara yang sering saya gunakan untuk mendownload video-video dari internet (so… bukan hanya dari youtube saja..!). Saya selalu menggunakan situs http://www.keepvid.com

keepvid.jpg

 

  1. Copykan link dari situs video yang akan Anda download. Bila video itu berasal dari youtube, link itu terletak pada bagian About This Video. Untuk video dari metacafe, link yang copy adalah link webpage itu sendiri.

  2. Buka situs http://www.keepvid.com

  3. Paste di kotak yang disediakan, kemudian click download

  4. Maka dibagian bawah akan muncul link yang bisa Anda download

  5. Click kanan link tersebut, pilih save file as

  6. Setelah download selesai, ganti extension filenya menjadi *.flv

 

Note : Jika Anda memakai Windows, untuk menjalankan file ini membutuhkan codec, ataupun software seperti FLV Player. Untuk software FLV Player Anda dapat mendownloadnya di situs http://www.keepvid.com juga. Atau kalau mau, Anda bisa menggunakan software Xilisoft untuk meng-convert video tersebut ke format yang Anda inginkan. Hm… tapi kalau di Linux Mint saya sih, tidak perlu install apa-apa lagi, sebab codec-nya sudah ada. Jadi tinggal langsung play. ^_^

 

Ok… selamat mencoba….!

About these ads