Tag

,

build_your_own_combat_robot.jpg

Penulis : Pete Miles & Tom Carroll

Jumlah halaman : 381 halaman

Harga buku : US$ 24,99 (ada yg mau free gak? ^_^ baca sampe tuntas!)

Copyright 2002 Mcgraw-Hill Companies

Suatu hari, saya searching-searching tentang tutorial pembuatan robot. Berbagai situs, dan komunitas saya kunjungi, beberapa diantaranya membuat saya tertarik sehingga saya pun mendaftarkan diri untuk menjadi member. Setelah membaca-baca artikel, saran-saran dan segala macamnya, saya mendapat referensi beberapa buku yang cukup menarik untuk memulai pembuatan robot. Salah satunya adalah buku yang akan saya resensikan kali ini, Build Your Own Combat Robot.

Buku ini dijual di situs penjualan online terbesar di dunia http://www.amazon.com sebesar US$24.99 (belum termasuk shipping & handling). Buku yang terdiri dari 15 bab ini, tergolong cukup menarik untuk dibaca. Si pengarang berusaha mengajak kita untuk mulai membuat robot tempur, dan menang dalam pertempuran robot. Oia, saya lupa bilang, bahwa di Amerika dan Eropa sering diadakan pertempuran-pertempuran robot, baik secara outonomous maupun dikendalikan menggunakan RC (Remote Control). Ugh, kalau di negara kita, kayaknya masih beberapa belas tahun lagi kalau mau ngadain acara kayak ginian.

Bab-bab awal, sang pengaran Pete Miles membahas tentang pengertian robot, dan sejarah singkat timbul kata robot. Kemudian dia menjelaskan tentang kompetisi-kompetisi robot yang sering dia saksikan mulai dari BattleBots, Robot Wars, BotBash, Robotica, FIRST, sampai dengan Robot Soccer.

Buku dengan jumlah halaman sebanyak 381 halaman ini, mengutarakan juga 10 alasan kekalahan robot yang biasa terjadi. Itu menurut sang pengarang loh.. Kemudian, bab-bab selanjutnya memberikan teori dan penjelasan singkat tentang bagian-bagian dari robot, bagaimana cara memilih roda yang tepat, cara mengkonfigurasikan posisi roda, bagaimana memilih motor yang tepat. Tidak lupa menjelaskan tentang power supply yang digunakan, baterai, juga tips-tips yang cukup bermanfaat lainnya.

Bab selanjutnya lebih menyenangkan lagi, Anda akan diajak bagaimana membuat robot sumo, mulai dari part-part yang dibutuhkan, termasuk cara memodifikasi R/C servo 180 derajat, agar bisa berotasi penuh. Hm.. masalah sensor yang merupakan indera robot juga dikupas di buku ini. Walaupun tidak begitu lengkap, tapi sekedar pengenalan sudah lumayan lah..

Buku ini pula menjelaskan step by step pembuatan robot yang pernah dibuat oleh para “veteran” robot seperti Ronni Katz dalam bab Building chew Toy, dan Pete Miles sendiri dalam bab Building Live Wires. Di akhir buku ini, dicantumkan pula beberapa resources dan referensi yang bisa dijadikan acuan mulai dari membeli part-part robot, buku-buku, sampai komunitas-komunitas yang membahas robot. (hm…. tapi situs-situs dan buku-buku luar negeri loh…)

Tapi saya juga harus menyebutkan beberapa kekurangan dari buku ini, pertama, tentunya bagi orang Indonesia yang rada males kayak saya, buku dengan bahasa Inggris ini malah bikin males bacanya. So.. harus siap-siap kamus deh, maklum makannya kerupuk melulu sih, jadi bahasa Inggrisnya “balelol” (he..he..). Kekurangan yang lain adalah, tidak menyertakan contoh script program untuk robot-robot yang dibuat. Buku ini lebih memfokuskan pada perancangan robot secara fisik. So.. otak dari robot itu sendiri tidak dibahas secara detail. Si penulis lebih mengedepankan komunikasi serial melalui RC untuk mengontrol robot. Karena kalau dibuat autonomous, akan sangat sulit sekali mengatur sensor-sensornya. Pete Miles lebih memilih yang gampang-gampang saja, KISS (Keep It Simple Stupid).

Kekurangan yang ketiga adalah, referensi buku dan toko yang menjual part-part robotnya saya rasa tidak banyak membantu, coz di Indonesia rada susah kalau mau beli online ke luar negeri, belum lagi shipping & handlingnya yang gede biayanya… hiks…hiks…!

Overall, saya kasih nilai 75 untuk buku ini. Bagaimana menurut Anda?

Download ebook-nya disini

Semangat Guys….!