UIF (Universal Image Format) adalah sebuah bentuk format image CD/DVD yang ter-compress. Suatu hari saya mendownload sebuah file berformat UIF dari internet. Awalnya saya sempat bingung, format apakah UIF ini? Pasalnya, saya coba buka file ini di lingkungan Linux maupun Windows, tetap saja tidak bisa terbuka. Namun setelah searching-searching dengan paman Google, akhirnya tahulah bahwa UIF ini adalah jenis file image CD/DVD (mirip dengan ISO, tapi UIF terkompresi)

 

Akhirnya saya pun mencoba memburningnya menggunakan software K3B di Linux. Apa? Ternyata tidak bisa! K3B tidak mendukung format UIF. Kembali saya searching-searching lagi untuk mengatahui cara memburning image file ini. Hah…! akhirnya ketemu juga. Untuk memburning atau mengextract image file ini harus menggunakan software MagicISO. Tanpa ragu saya pun meng-klik link situs untuk mendownoad software ini. Hanya dalam waktu kurang dari 2 menit file berukuran 2,9Mb tersebut berhasil berpindah ke hardisk komputer saya.

 

Software MagicISO sebenarnya bekerja pada operating system Windows (98, NT, 2000, XP, Vista), namun tetap bisa dijalankan pada operating system Linux dengan menggunakan WINE (WINdows Emulator). Kebetulan Linux Mint yang ada pada komputer saya, telah memaketkan emulator WINE ini dalam paket instalasinya, sehingga saya tidak perlu lagi menginstallnya. Singkat cerita, setelah saya install software MagicISO ini, saya langsung coba untuk membuka file UIF yang saya miliki. But wait…! ternyata software MagicISO yang saya dapatkan adalah versi trial, jadi hanya bisa digunakan untuk file yang kurang dari 300Mb padahal file UIF yang saya punya lebih dari 500Mb.

 

Hmm…. tapi saya tidak kehabisan akal, saya kemudian mengidentifikasi versi software yang telah saya install tersebut. Didapatkanlah bahwa MagicISO yang saya install berversi 5.4 (build 0251). Saya langsung cari crack software ini. Tapi sayangnya, crack yang ada tidak ada untuk versi terbaru yang telah saya install. Lagi-lagi….! Banyak jalan ke Roma! Akhirnya saya hanya mencari crack untuk versi yang lebih dekat dengan versi yang telah saya punya yaitu MagicISO versi 5.4 (build 0239).

 

Cracknya telah saya punya, tinggal mencari software MagicISO yang versi agak lama. He..he.. dengan bantuan paman Google, akhirnya saya mendapatkannya juga. Untuk MagicISO 5.4 (build 0239) hanya berukuran 2,6Mb (mungkin ada beberapa fitur yang hilang dibandingkan build 0251), tapi tidak apa-apa yang penting cracknya sudah saya punya.

 

Dengan rasa penasaran, software MagicISO yang telah terinstall sebelumnya saya remove terlebih dahulu, kemudian saya install dengan versi ‘adik’nya. Terus saya buka cracknya, dan generate serial numbernya. Tha….tha…… akhirnya software itu pun sekarang menjadi full version (bukan lagi trial). He..he.. ^_^

 

So… buat saudara-saudara yang mengalami masalah yang serupa, mungkin hal diatas bisa membantu pula. Berikut saya sertakan pula link untuk mendownload software dan crack yang dibutuhkan.

 

MagicISO versi 5.4 (build 0239) [ Download Link ]

Crack for MagicISO versi 5.4 (build 0239)

username : insansains
serial : pOtCFaiUhVrK6Nuvnk&SrN9kURdEuiLvfUn2dFeo2xqAwc9jj
YqMlbhdae8FhcuCIftrlhxbEGw0Cyo5o4cLQvp4kQX&alUCE_mpQ5k
juyTRrk&IWwFusOwU2qpj2vadJdC8HUI3lLCaQ_PDVntDga_u8_OiMa
nZOVRleF8gGNL

atau

username : user
serial : Wbe7kIJwegV367e&dP6gsL1EZWR1CZZ6TSn1C3JPX&
6HXJMZlaGOmgx4F4vIBmW3OVcfqCJ32UoUxovGq_52B6GQtp6a3OdHE
kKu_z3cUAhoRlxOM9tCrLeKz5srbZJzhK5F5kSxaEddY6JxmNJH6n4b3vWd
2QyD&MPRErwQR8g