Robot adalah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu atau yang dinamakan dengan Artificial Inteligence (kecerdasan buatan) (dikutip dari : http://id.wikipedia.org/wiki/robot)

 

Atau dengan kata lain, robot adalah seperangkat peralatan elektonika yang dirangkai bersama-sama dengan perangkat mekanikal sehingga dapat bekerja dan beroperasi sesuai dengan instruksi/program yang diberikan.

Istilah robot pertama kali muncul pada tahun 1920, berasal dari kata ā€˜robotaā€™ yang dalam bahasa Ceko (negeri Eropa Timur) berarti kerja paksa. Kata itu muncul dalam drama pentas R.U.R (Rossum’s Universal Robots) karya Karel Capek.

 

Kemudian pada tahun 1950, Isaac Asimov (seorang penulis sains fiksi terkenal) mengemukakan dalam novelnya ‘Robot’, tiga aturan perobotan yaitu :

  1. sebuah robot tidak boleh mencederai manusia

  2. harus mematuhi perintah yang diberikan manusia, kecuali bila itu melanggar aturan pertama

  3. dan robot harus melindungi eksistensinya sendiri sebagai mesin yang harus mematuhi manusia.

 

Pada awal-awal masa kelahiran teknologi robotic, tidak banyak perkembangan robot yang terjadi. Namun ketika ditemukan teknologi semikonduktor dan chip mikrokontroller, robot telah mengalami perkembangan yang luar biasa. Saat ini robot tidak hanya digunakan di pabrik-pabrik (industri), ataupun instansi atau lembaga untuk kepentingan khusus (seperti NASA), namun juga sudah merambah ke wilayah rumah tangga dan dunia hiburan.

 

Saat ini, teknologi robot telah mencapai tahap Humanoid Robot. Dimana robot-robot yang diciptakan memiliki arsitektur tubuh seperti manusia (human). Kepala, badan, dua lengan, dua kaki, serta indera-indera yang mendukungnya. Bahkan kulit robotnya sendiri, dibuat mirip dengan kulit manusia yang lentur. Sehingga bisa menampilkan ekspresi wajah.

 

A humanoid robot is a robot with its overall appearance based on that of the human body. In general humanoid robots have a torso with a head, two arms and two legs, although some forms of humanoid robots may model only part of the body, for example, from the waist up. Some humanoid robots may also have a ‘face’, with ‘eyes’ and ‘mouth’. Androids are humanoid robots built to resemble a male human, and Gynoids are humanoid robots built to resemble a human female. (dikutip dari : http://en.wikipedia.org/wiki/humanoid_robot)

History of Robot (Part I)

History of Robot (Part II)