Tag

,

Setelah searching-searching seharian, akhirnya ketemu juga situs gudangnya tutorial-tutorial membuat project microcontroller. Isinya lengkap, mulai dari menjelaskan tentang kegunaan alat yang dibuat, gambar circuit (rangkaian), kebutuhan dana, cara kerja rangkaian, dan teori-teori pendukungnya. Pas banget buat mahasiswa elektronika yang berminat mengambil Tugas Akhir pembahasan MicroController.

 

Project-project ini dipublikasikan oleh Cornell University, sebagai hasil karya mahasiswa-mahasiswanya. Tak kurang dari 250 project microcontroller yang menjadi project mahasiswanya. Kita dapat mendownload semua informasi yang kita butuhkan di situs ini. Yaps… minggu keberuntunganku bisa menemukan situs ini.

 

Awalnya agak-agak males baca, soalnya textnya berbahasa Inggris, tahulah alasannya…! Tapi karena terpaksa harus mencari sebuah ide, maka satu project saya baca sampai tuntas, dan akhirnya bisa faham juga maksudnya. Wah.. jadi terinspirasi juga buat mentranslate semua project yang sudah dipublikasikan Cornell University itu. Maksudnya sih, supaya makin banyak mahasiswa Indonesia yang makin kreatif, dan terinspirasi dari project-project ini. Jadi supaya suatu saat gak jadi bangsa pengekor lagi, tidak jadi bangsa yang hanya menjadi konsumen barang-barang canggih semata.

 

Ayo… ada yang mau ikutan bantuin mentranslate nih project-project?

 

Alamat situsnya ada di : http://instruct1.cit.cornell.edu/courses/ee476/FinalProjects/

 

Beberapa contoh projectnya diantaranya :

  • CCD Imager

  • Touchpad

  • Ultrasonic Spotlight Tracker

  • Pembaca tulisan braile

  • Ultrasonic Positioning Control

  • Chess Robot

  • Human Motion Capture

  • Stetoscope Digital

  • Kompas Digital

  • Infrared tracking system

  • Pencari tempat parkir ultrasonic

  • Batlleship Video Game

  • Lengan robot

  • Termometer digital

  • Oskiloskop digital

  • Sensor temperatur dan tekanan

  • dan tentunya masih banyak lagi project-project yang lainnya