Tag

, , ,

Teman saya meminta bantuan untuk men-service laptopnya. Laptopnya tidak bisa digunakan, karena BIOS nya diprotek. Persoalannya bukan karena diproteksi atau tidak, tapi karena L-U-P-A. Ya, teman saya ini lupa password biosnya. Lagi pula laptop jadul, dan lebih sering dibiarkan nge-“jugrug” di gudang katanya.

Melepas baterai CMOS ternyata tidak menyelesaikan masalah. Mencoba seluruh password default sesuai dengan vendor BIOS pun sama sekali tidak membantu. Akhirnya ketemu dengan website ini : http://www.whatsmypass.com/toshiba-laptop-bios-recovery

Katanya bisa dilakukan dengan melakukan konfigurasi short-circuit dari paralel port. Bahan yang dibutuhkan yaitu male DB25, solder, timah, dan beberapa cm kabel. Hubungkan beberapa pin untuk melakukan reset BIOS. Caranya dengan terlebih dahulu membuka casing male DB25, dan menghubungkan pin-pin paralel port sebagai berikut :

o Pin 1 ke Pin 5 dan Pin 10 ( dari pin 1 ke pin 5 dan dari pin 5 ke pin 10)
o Pin 2 ke 11
o Pin 3 ke 17
o Pin 4 ke 12
o Pin 6 ke 16
o Pin 7 ke 13
o Pin 8 ke 14
o Pin 9 ke 15
o Pin 18 ke 25

Wah, sepertinya mudah, tapi dimana nyari tuh benda (male DB25)? Akhirnya terpikir untuk menyelesaikan langsung di paralel port laptopnya. Ingat, berarti nomor 1 nya terbalik, yang semula dihitung dari sebelah kiri, untuk di paralel port laptopnya dimulai dari sebelah kanan. Kemudian hubungkan dengan kabel tunggal sesuai dengan konfigurasi short circuit paralel port. Hasilnya kurang lebih seperti ini.

Setelah selesai, hidupkan. Dan tadaaaaaa… password BIOS pun hilang…

Selamat mencoba…! ^_^

About these ads